Minggu, 11 Maret 2012

Tutorial Modding DB2010/2012 dengan Far Manager+Jdflasher

Anda pengen modding FS(file system) dihape SE cobalah ikuti tutorial ini, kali ini admin akan share contoh modding FS salah satunya yaitu menganti icon menu. Sebenarnya banyak bagian2 yang dapat dimodding, tetapi kalo saya share 1 bagian 1 tutor malah terlalu mengulang-ulang nantinya. karena itu saya share tutor ganti icon menu supaya step2 yang saya pakai ini bisa diterapkan pada bagian2 lain, misalnya ganti driver acoustic, dll. karena icon menu standar dari SE tidak bisa diubah seenaknya lewat tema, padahal dihape merk lain langsung bisa diubah hanya dengan mengganti tema hasil download dari internet atau saling tukar lewat bluetooth.

Bahan2 :
1. Komputer
2. Far disini dan Jdflasher disini
3. Icon menu sesuaikan sama resolusi hape, jika tidak maka menu akan amburadul atau error
4. Komputer sudah terpasang Flash Driver, kalo belum baca Panduan Instalasi Gordon Gate Flash Driver
5. Hape Sony Ericsson segala type(DB2020/2012/2010) semua CID
6. Kabel data(tancapkan dulu di USB komputer)

Beberapa bagian path folder yang dapat dimodding :
-Icon menu: tpa/preset/system/menu
-Flash menu: tpa/preset/system/desktop/flash
-Layout: tpa/system/layout
-Font: tpa/preset/system/font
-driver camera: ifs/settings/camera
-Acoustic(sound): ifs/settings/acoustic
-Display driver: ifs/settings/display
-Startup & shutdown image: tpa/preset/system/settings
-n masih banyak lagi

Tutorialnya :
1. Gambar dibawah ini merupakan komponen2 dari icon menu beserta konfigurasi di menu.ml yang nantinya akan kita kopi

2. Gambar dibawah ini merupakan tampilan antarmuka Far Manager, untuk menampilkan program Jdflasher cukup tekan tombol F11 pada keyboard lalu akan muncul window, pilih saja Jdflasher.

3. Pilih script sesuai type hape anda atau gunakan yang seangkatan type sama hapemu. Setelah itu pilih port DCU-60 atau terserah. Lanjut ke menu speed, pilih yang tertinggi atau sesuai keinginanmu. Setelah itu beri tanda "X" pada rsa lalu klik lagi pada tulisan "jump down into...bla..bla...bla"

4. akan muncul informasi seperti dibawah ini yang menginformasikan bahwa anda harus menekan tombol "C" lalu sambungkan kabel kehape.

5. Tunggu sampai hape terdeteksi, seperti gambar dibawah ini. Terlihat ditanda kotak bahwa hape saya terdeteksi cid=53 color=red dan memakai platform db2012(hasil akan berbeda untuk masing2 type hape).

6. Untuk selanjutnya akan muncul beberapa folder, artinya anda sudah masuk dalam FS(file system) segera lepaskan  tombol "C" . setelah itu pilih folder ofs. Untuk folder oflash berlaku jika anda ingin mem-flashing firmware.

7. akan muncul window proses, tunggu sampai loading selesai, jangan di abort(membatalkan eksekusi)

8. jika loading sudah, akan muncul beberapa folder, langsung saja telusuri folder tpa->preset->system->menu(karena kita akan mengganti icon menu)

9. apabila sudah memasuki folder menu setelah penelusuran beberapa path folder tadi, akan seperti tanda kotak dibawah ini

10. selanjutnya, cari file icon2 yang sudah disiapkan di step awal. untuk mengkopi semua, gunakan tombol keyboard shift+navigasi bawah/atas fungsinya untuk nge-block. seperti gambar dibawah ini, terlihat file yang diblock telah berwarna kuning yang artinya siap dikopi.lakukan drag n drop file atau gunakan tombol copy yang ada dibawah. file yang sebelumnya sudah ada didalam system akan ditimpa dengan yang baru, misalnya menu.ml akan digantikan sama menu.ml yang baru.

11. akan muncul jendela pengkopian, pilih saja copy.

12. Tunggu sampai proses pengkopian selesai, lihat dibawah ini

13. terlihat dijendela kiri file icon2 sudah ada, berarti pengkopian sudah selesai.

14. untuk keluar dari sopwer gunakan tanda "X" pada kiri atas selama beberapa kali sampai path folder berada di OFS(liat di atasnya name jendela kiri)

15. Setelah anda mengeklik tanda tadi, otomatis akan muncul jendela kecil, pilih saja yes

16. Tutorial modding selesai, anda tinggal melakukan proses re-place batre lalu pasang lagi setelah itu nyalakan, icon menu dihape sudah ganti bukan....

Catatan :
-Apabila jendela sistem hape terbalik dikanan misalnya. terus jendela drive jadi pindah kekiri. cobalah melakukanya secara terbalik, contohnya ketika drag N drop, ketika berpindah drive gunakan left atau right tergantung jendela mana yang akan digunakan untuk menampilkan drive
-Apabila anda ingin melakukan modding dibagian lain anda tinggal mengganti step no.8 dengan bagian path folder yang anda kehendaki masing2 bagian memiliki isi yang berbeda.

7 komentar:

  1. executor cid53 upload i dunk?
    Oh iya ini jdflash e bwat cid53 dah bs masuk bflsh ap blum brow?

    BalasHapus
    Balasan
    1. executor kan sudah disediakan di jdflasher dibagian folder anycid, untuk w200 cid53 yang saya pakai ini sudah nembus bflash kok

      Hapus
    2. mas yang nyebapin eror time exceed waktu enter bflash itu apac mas? aku dah 1bln nguprek itu terus

      Hapus
    3. itu dikarenakan masalah keamanan bro, solusinya diulang aja ntar juga lemah sendiri. hape juga w200 cid53 punya masalah yang sama dengan ente. walupun ada tulisan error gituan ketika masuk bflash diulang lagi sampe bisa masuk bflash dan muncul daleman bflash yaitu memory. minimal ya 100X knek sehari tergantung 1-100 konek, bisa masuk g.

      Hapus
  2. Balasan
    1. link normal tuch gan, mungkin koneksimu kali

      Hapus
  3. kalo buat mix walkman gan??
    kan touchscreen. g ada tombol C..

    BalasHapus

Komentar anda sangat berharga terhadap kemajuan blog ini. Budayakan berkomentar....hehehe